Translate in :

Rabu, 18 September 2013

Pembukaan Kuliah STEM Akamigas Jalur Umum

Ali Musthofa
BEASISWA : Penandatangan MoU pemberian beasiswa oleh Widya Yursita (Wakil SKK Migas) dan Diklat ESDM.


Blora - Instruksi Wakil Menteri (Wamen) Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswoutomo,  saat Wisuda Sarjana STEM Akamigas Cepu tanggal 29 Mei 2013 lalu direspon STEM Akamigas. Lembaga pendidikan tinggi bidang Migas ini menerima mahasiswa setara Diploma IV (D4) dari jalur umum di luar beasiswa dari SKK Migas.
Terbukti dalam pelaksanaan pembukaan perkuliahan mahasiswa baru tahun akademik 2013/2014 pada, Selasa (17/9/2013), di Aula STEM Akamigas Cepu. Hadir dalam acara tersebut, Wamen ESDM Susilo Siswoutomo, Bupati Blora Djoko Nugroho, Bupati Bojonegoro Suyoto, dan perwakilan dari SKK Migas.
 
Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Kabadiklat) ESDM, Teguh Pamudji, yang diwakili oleh Bambang dalam laporannya menyebutkan, usai instruksi Wamen ESDM tersebut managemen langsung membuka pendaftaran secara online tanggal 9 Juli, dan ditutup tanggal 6 Agustus 2013.
"Ada sebanyak 300 peserta yang merespon," katanya.
Dari 300 yang respon itu hanya 92  peserta yang mendaftar. Dari pendaftar itu pada tahap seleksi tanggal 17 dan 18 Agustus kemarin yang ikut seleksi sebanyak 63 peserta.
"Sesuai hasil sidang yudisium tanggal 28 Agustus lalu, maka dinyatakan lolos hanya 60 peserta," sebutnya.
Akan tetapi dari yang lolos seleksi yang melakukan daftar ulang hanya 54 peserta. Jumlah itu ditambah 20 mahasiswa yang masuk dari jalur penerimaan beasiswa yang didanai oleh SKK Migas. Jadi jumlahnya menjadi 74 mahasiwa yang masuk dari jalur umum. Sedangkan 20 mahasiswsa beasiswa, dari wilayah Kbaupaten Blora sebanyak 10 orang, dan 10 lainnya dari Kabupaten Bojonegoro.
Sedangkan Bupati Bojonegoro, Suyoto, menyatakan, apresiasi setinggi-tingginya atas penerimaan mahasiswa baru dari jalur umum ini. Dia pesan agar kesempatan ini dipergunakan sebaik-baiknya, apapun halanganya harus dihadapi.
“Saya percaya seluruh dosen disini mampu menjadikan anak ini sukses," kata Kang Yoto, demikian dia akrab disapa.
Kang Yoto sempat mengungkapkan, keharuannya ketika dirinya berbincang-bincang dengan salah satu peserta dari Bojonegoro yang anaknya tukang parkir. Anak tersebut mengatakan perihal keinginannya, nanti ketika sudah berkerja dan menghasilkan uang.
"Yang bikin saya terharu waktu saya tanya apa keinginannya, dia menjawab ingin memberangkatkan haji orangtuanya" ungkap Kang Yoto.
Apresiasi mendalam juga disampaikan Bupati Blora, Djoko Nugroho. Dia katakan, harapan untuk menerima mahasiswa baru dari jalur umum ini menjadi harapan dari seluruh warga Blora.
"Baru tahun ajaran ini bisa dilaksanakan, ucapan terima kasih kepada Bapak Wamen atas instruksinya bahwa STEM Akamigas Cepu bisa menerima mahasiswa dari jalur umum," katanya.
Wamen ESDM, Susilo Siswoutomo, mengatakan, bahwa Cepu ini bisa menjadi tempat mencetak tenaga kerja berpengalaman dibidangnya. "Mari kita banjiri dunia dengan tenaga terampil bidang industri hulu migas. Yakinlah, pasti kita bisa," ujarnya. (ali)

Sumber : http://www.suarabanyuurip.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar