Translate in :

Rabu, 14 Maret 2012

Rahasia Hati

Apalah arti menjadi manusia, kecuali untuk memahami bahwa baik dan buruk serta benar dan salah itu hanya tipis jaraknya? Seperti siang dan malam yang dan pagi hari adalah hijab antara siang dan malam. Dan nafsu yang dimiliki manusia menjadi hijab antara baik dan buruk,antara benar dan salah. Betapa tipisnya jarak antara benar dan salah ini sehingga manusia mudah sekali memperoleh kebenaran pun mudah sekali terjebak dalam kesalahan. Hari ini manusia bisa berbaik hati; tetapi besok, lusa, hati
siapa yang tau.
Maha benar Allah dengan firman-Nya:
"Dan sesungguhnya Kami telah mempergilirkan hujan itu diantara manusia supaya mereka mengambil pelajaran (dari padanya); maka kebanyakan manusia itu tidak mau kecuali mengingkari (nikmat)". QSal-Furqan: 50.
"Dialah yang memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam. Dan Dia Maha Mengetahui segala isi hati". QSal-Hadid: 6.
Allah SWT mempergilirkan hujan dengan terang, antara basah dan kering. Begitupun hati manusia: terkadang dia bisa basah dengan siraman cahaya Ilahi, terkadang yang lain bisa kering darinya. Siang dimasukkan ke dalam malam, dan malam dimasukkan ke dalam siang. Begitupun masuknya kebenaran dan kebathilan di dalam hati manusia laksana masuknya siang ke dalam malam, atau sebaliknya. Siapa yang tau rahasia hati? Rahasia hati hanya mampu diketahui oleh hati yang terbuka hijabnya dari nafsu dan angkara murka. Tetapi mata tidak akan tau, apa rahasia hati itu dan bagaimana hijab hati yang terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar