Translate in :

Sabtu, 27 September 2014

Kritiklah, Tapi Pada Tempatnya

Allah Swt berfirman: "Dan di antara mereka ada orang yang mencelamu tentang (distribusi) zakat; jika mereka diberi sebagian dari padanya, mereka bersenang hati dan jika mereka tidak diberi sebagian dari padanya, dengan serta merta mereka menjadi marah." (QS. at-Taubah: 58)

Kata Lamaza dalam ayat ini berarti mencari aib dengan berhadapan, sementara bila aib dicari dari belakang disebut Hamaza.


Seseorang yang kemudian menjadi pemimpin para Khawarij dan Mariqin, saat pembagian harta pampasan perang Hunain memrotes kepada Nabi Muhammad Saw, "Lakukan dengan adil!"

Nabi Saw berkata, "Siapa yang lebih adil dariku?"
Pada waktu itu, Umar bin Khatthab bangkit untuk membunuh orang itu akibat perbuatan yang kurang ajar, tapi Nabi Saw berkata, "Biarkan dia. Orang itu akan memiliki pengikut yang beribadah sedemikian rupa, sehingga ketika kalian membandingkannya dengan ibadah kalian, pasti kalian menganggap ibadah kalian tidak seberapa. Namun dengan semua ibadah itu mereka telah keluar dari agama, sebagaimana lepasnya anak panah dari busurnya."
Akhirnya orang itu tewas di tangan Imam Ali as di masa perang Nahrawan.
Selain itu, kebencian, permusuhan dan sikap seseorang yang menganggap orang lain tidak adil biasanya muncul dari kekhawatiran akan hilangnya kepentingan materi dan pribadinya. Sebagaimana kebanyakan akar dari analisa yang tidak benar berasal dari dalam diri manusia sendiri.
Imam Shadiq as berkata, "Lebih dari dua pertiga manusia seperti ini."[1] (FIPMI/IRIB/SL)
Sumber: Mohsen Qaraati, Daghayeghi ba Quran, Tehran, Markaz Farhanggi Darsha-i az Quran, 1388 Hs, cet 1.


[1]
 . Al-Kafi, jilid 2, hal 228.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar