Translate in :

Senin, 01 Oktober 2012

Tips Mencari Pekerjaan Sesuai Minat dan Bakat

Ketika anda harus menjalani sebuah pekerjaan yang menurut anda tidak sesuai dengan minat anda dan tidak sesuai dengan bakat anda, memang akan terasa sangat berat dan ujung-ujungnya anda pun akan malas dan setengah terpaksa menjalani pekerjaan anda ?    Semua orang tahu hal ini, dan kami yakin anda pun juga sudah mengetahui hal ini. Kerja tidak sesuai bakat dan minat pasti akan terasa berat.

Pekerjaan yang tepat bagi anda adalah, pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat anda. Karena, dengan minat dan bakat anda, ketika bekerja anda akan merasa ringan, mudah dan enjoy dan pasti anda tidak akan malas menjalankan pekerjaan anda. Dengan kata lain pekerjaan sesuai minat dan bakat pasti akan menghasilkan sesuatu yang maksimal. Tetapi begitu banyak orang yang terjebak dalam pekerjaan yang sebenarnya jauh dari minat dan bakat mereka. Kenapa bisa sampai terjadi yang seperti ini? Memang terkadang tidak mudah untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat. Anda berminat untuk mengetahui secara lengkap tips ini :


Anda menghabiskan sepertiga hidup Anda untuk bekerja. Jika Anda melakukan pekerjaan yang Anda sukai, itu tentu lebih menyenangkan. Setiap pagi Anda merasa senang dan tertarik untuk segera bekerja, karena Anda merasa nyaman dengan pekerjaan Anda. Cobalah tips berikut ini dan temukan pekerjaan yang benar-benar Anda sukai.

1. Lakukan apa yang membuat Anda tertarik
Meskipun uang begitu penting, itu bukanlah segalanya. Jika Anda bekerja demi uang, maka Anda akan selalu merasa terbebani. Bahkan, Anda akan lebih sering mengeluh dan membenci pekerjaan Anda. Lakukan apa yang memang membuat Anda tertarik dan coba cari celah untuk mengembangkan karir Anda dalam bidang tersebut.

2. Pikirkan tentang pekerjaan Anda saat ini
Sebelum berburu pekerjaan yang baru, Anda mesti berpikir tentang apa yang tidak Anda sukai tentang pekerjaan Anda saat ini, misalnya, lingkungan, rekan kerja atau atasan Anda di kantor. Jika Anda mencintai pekerjaan itu, maka carilah pekerjaan sejenis di perusahaan lain yang kompetitif. Namun, jika Anda memang tidak menyukainya, maka coba berburu karir baru di bidang yang baru, seperti dilansir dari sheknows.com, (18/01/2012).

3. Meninjau penilaian karir
Situs online seperti CareerPath.com dan CareerExplorer.net menawarkan tes penilaian untuk membantu Anda menemukan pekerjaan yang Anda cintai. Dari hasil pengujian itu Anda bisa tahu minat dan kepribadian dalam menentukan karir ke depannya.

4. Ikut kursus
Anda bisa mengikuti beberapa kursus yang menawarkan latihan keterampilan di bidang yang Anda minati. Ikutilah seminar atau workshop yang sesuai dengan bidang yang Anda minati di akhir pekan. Sementara itu, Anda tetap bisa mengerjakan pekerjaan Anda saat ini.

5. Menjadi relawan
Jika Anda masih kurang yakin dengan perubahan karir ini, maka Anda bisa mencoba jadi relawan di bidang yang Anda minati. Hal ini dapat memberi Anda gambaran tentang karir baru tersebut.

6. Jangan terburu-buru
Jangan bersikap gegabah dan keluar dari pekerjaan Anda saat ini, kecuali Anda telah mengamankan posisi yang baru. Jadilah pintar dan berburu pekerjaan Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar